07 Manfaat Buah Jambu Biji dan Kandungan Gizi

Manfaat Buah Jambu Biji
Manfaat Buah Jambu Biji dan Kandungan
Manfaat Buah Jambu Biji. Jambu biji mempunyai nama latin Psidium guajava dan termasuk juga dalam keluarga Myrtaceae. Di banyak tempat di Indonesia, jambu biji di kenal dengan nama jambu siki atau jambu klutuk. Nama jambu klutuk diberikan lantaran ketika dikonsumsi, bijinya keras berbunyi klutuk klutuk. 

Buah jambu biji mempunyai rasa yang manis walau ada pula yang rasa-rasanya begitu asam. Daging buahnya berwarna merah muda ada pula yang putih. Bijinya keras, begitu banyak dan kecil-kecil. Walau demikian, ketika ini ada varietas unggul di mana rasa-rasanya begitu manis dan nyaris tanpa ada biji.


Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Jambu biji begitu kaya vitamin C, lebih tinggi dari buah jeruk, dan tambah lebih tinggi dari pada kiwi yang disebut-sebut sebagai rajanya vitamin C. Di samping serat, terlebih pektin yang disebut serat larut, jambu biji juga memiliki kandungan mineral menyerupai mangan dan magnesium, dan asam amino esensial menyerupai tryptophan. Juga fitokimia bermanfaat menyerupai asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen. 

Kandungan Gizi dalam 100 gr buah jambu biji.
  • Energi 49 kal
  • Protein 0,9 g
  • Lemak (0,3) g
  • Karbohidrat 12,2 g
  • Serat 5,6 g
  • Kalsium 14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat Besi 1,1 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 g

Manfaat dan Khasiat Buah Jambu Biji

Terkecuali rasa-rasanya manis dan beri kesegaran, nyatanya buah jambu biji berkhasiat juga untuk kesehatan. Di bawah ini sebagian manfaat dari jambu biji untuk kesehatan : 

1). Mengobati Infeksi 

Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini mampu tingkatkan system kekebalan badan. Apabila dikonsumsi waktu menanggung derita radang tenggorok atau flu, bakal mempercepat pengobatan akhir infeksi. 

2). Mencegah Kanker 

Kandungan vitamin C yang tinggi dan senyawa flavonoid bikin jambu biji mempunyai aksara anti-oksidan yang besar lengan berkuasa yang dapat menghalangi produksi nitrosamin, zat penyebab kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghalangi sel kanker, terlebih kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah dapat menghalangi oksidasi lemak sampai menghindar kanker. 

3). Mengatasi Penyakit Jantung Koroner 

Kandungan kalium pada jambu biji menolong jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, serta serat dapat mengikat lemak sampai hindari terbentuknya plak, penyebabnya jantung koroner. 

4). Mengatasi Diabetes 

Serat pektinnya dapat bertindak turunkan kandungan glukosa darah sampai pas dikonsumsi oleh pasien diabetes. 

5). Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Jambu biji dapat juga turunkan desakan darah tinggi lantaran kandungan kaliumnya, juga seratnya yang mengikat lemak. 

6). Antiradang dan Antivirus 

Vitamin C-nya bertindak membuat kolagen yang berkhasiat untuk pengobatan luka. Senyawa flavonoidnya mempunyai kekuatan sebagai antiradang, antialergi, dan antivirus. 

7). Manfaat Lainnya 

Menurut riset, daun jambu klutuk mampu menolong menambah kandungan trombosit pada pasien demam berdarah. Sedang buahnya yang sering dijus lantas diberikan pada pasien demam berdarah tak bermanfaat menambah kandungan trombosit namun lebih sebagai supply cairan yang banyak hilang akhir penurunan trombosit. 

Itulah keterangan wacana manfaat dan manfaat dan kandungan nutrisi dalam jambu biji. Mudah-mudahan berkhasiat untuk Anda yang memerlukan.