9 Manfaat Jambu Biji Untuk Obat dan Kandungannya

Manfaat Jambu Biji. Jambu biji memiliki nama Latin Psidium guajava yang juga kerap disebutkan sebagai jambu klutuk atau jambu biji. Pelahiran buah ini dikabarakan dari negeri di mana sepak bola juga lahir yakni Brasil dan sukses masuk ke Indonesia lewat jalur perdagangan di Thailand.
Manfaat Jambu Biji
Manfaat Jambu Biji
Jambu watu atau jambu biji memiliki rasa manis dan seringkali ada yang masihlah asam. Memiliki bentuk lingkaran dengan kulit berwarna hijau daun dan dagingnya memiliki dua varian warna yakni putih dan merah di mana ada biji-biji kecil yang dapat pula dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Ada beberapa puluh nutrisi yang tersimpan dalam buah jambu biji di mana tiap-tiap nutrisi ini memegang fungsi utama dalam soal menyokong kesehatan tubuh insan atau orang yang rajin mengonsumsinya. Di bawah ini sebagian nutrisi yang tertanam pada buah jambu biji.
  • Kadar air yang tidak sedikit
  • Serat 
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Abu
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin A (Karoten)
  • Vitamin C (Ascorbic Acis)
  • Thiamin (Vitamin B1)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Niacin (Vitamin B3)



Dengan hadirnya beberapa nutrisi di atas buah jambu biji dapat disebutkan sebagai buah yang kaya gizi. Lantaran hal tersebutlah beberapa orang yang membudidayakan buah manis ini, sesaat untuk pemakaiannya sendiri bukan sekedar dikonsumsi namun juga di proses jadi obat.

Manfaat Jambu Biji

Banyak penyakit yang dapat ditangkas dengan cara perlahan-lahan oleh buah ini, sebagian salah satunya ialah menyerupai berikut.

1). Melawan Kanker 

Lakukan gaya hidup sehat sehari-hari semoga terlepas dari penyakit serius menyerupai kanker yang banyak meriwayatkan pasien wafat dunia. Anda dapat menghindar kanker lewat cara rajin mengkonsumsi jambu biji. Ada anti-oksidan yang dapat lakukan hal semacam ini. Likopen pada jambu biji di kenal lebih gampang terserap tubuh di banding tomat lantaran ketidaksamaan dalam susunan selnya. 

2). Obat Diare 

Diare mesti cepat-cepat minum obat. Obat yang disebut tak terus-terusan buatan pabrik, Anda dapat menggunakan cara yang lebih aman dan menyehatkan menyerupai minum juice jambu satu hari tiga kali. 

Tanaman jambu biji memiliki aksara antibakteri, aksara berikut yang dapat Anda gunakan untuk stop diare atau disentri. Karakter antibakteri ini terwujud lantaran ada kandungan berup karetinoid, vitamin C dan potasium yang ada di dalamnya. 

3). Menurunkan Tekanan Darah 

Pasien hipertensi kerap direkomensdasikan oleh dokter untuk membiasakan mengkonsumsi makanan atau minuman yang datang dari jambu biji dan kulit manggis. Mengapa? Lantaran buah ini memiliki kandungan potasium yang diberitakan oleh hasil riset dapat menyembuhkan hipertensi dan turunkan cholesterol LDL berlebihan. 

4). Obat Batuk dan Flu 

Cuaca ekstrim begitu rawan bikin si kecil diserang flu dan batuk. Sang ibu mesti mengambil aksi, yakni cukup hanya memberi juice jambu biji merah yang mana ada vitamin C dan zat besi yang dapat menghalangi terjadinya bisul virus flu. 

5). Mengatasi Sembelit 

Sembelit atau konstipasi ialah duduk perkara yang kerap didapati. Bila Anda menanggung derita hal sama janganlah segera minum obat, coba makan buah jambu biji ukuran tengah yang di dalamnya tersimpan 36 % keperluan serat yang dianjurkan. 

6). Buat Perut Lebih Kenyang 

Jambu biji dapat Anda tentukan sebagai makanan pengganjal perut, lantaran kandungan serat, protein dan sebagian vitamin di dalamnya begitu pas untuk menahan rasa lapar. Bila Anda tengah menggerakkan kegiatan diet, buah ini kelihatannya pas untuk berikan kesempatan berhasil dari kerja keras Anda. 

7). Obat Sariawan 

Sariawan berlangsung lantaran kekurangan vitamin C maupun minum air. Anda dapat penuhi keperluan vitamin C harian dengan makan buah jambu biji, selain itu lantaran kandungan vitamin tersebutlah sariawan dapat diatasi dnegan buah ini. 

8). Diabetes Melitus 

Minum ramuan dari jambu biji yang sudah di rebus dan disaring airnya diakui dapat menyembuhkan penyakit Diabetes Melitus. 

9). Awet Muda 

Anti-oksidan yang bekerja bersama dengan vitamin A, C dan potasium dalam jambu biji dapat menjaga kulit Anda tetaplah kencang sampai terlepas dari penuaan awal. 

Sungguh rupawan manfaat jambu biji yang terlebih dulu mungkin saja belum Anda kenali seutuhnya. Mulai detik ini menimbulkan jambu biji sebagai buah meja yang siap membersihkan verbal setelah makan.