Penyebab Mata Berkunang Kunang Dan Cara Mengatasinya


Penyebab mata berkunang kunang dan cara mengatasinya – pernahkan kalian mengalami yang namanya mata berkunang kunang ? dan apa yang kalian rasakan saat mengalami hal tersebut ? hampir bisa dikatakan semua orang pernah merasakan mata kunang kunang tapi mungkin tingkat keseringan yang beda.

Hal yang sering orang alami pada saat mengalami mataberkunang kunang pada saat dia terbangun dari tidur, dalam kondisi seperti itu disaat kesadaran belom sepenuhya sadar pasti seseorang akan merasa bingung karena melihat sesuatu yang tidak biasa. Dan biasanya juga dibarengi dengan rasa pusing di kepala.

Jika kalian sering mengalami mata berkunang kunang maka sebaiknya perlu kita waspadai bisa jadi hai itu bisa disebabkan oleh beberapa masaalah pada kesehatan tubuh anda.

Penyebab mata berkunang kunang

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab mata berkunangkunang  dan hal ini wajib kita waspadai karena bisa saja mengancam kesehatan yang kita miliki. Penyebab mata berkunang kunang diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Kurang tidur.
Penyebab yang pertama adalah karena seseorang tersebut kurang tidur atau kurang beristirahat. Karena jika seseorang kurang tidur maka tubuh akan kekurangan energy yang digunakan untuk beraktivitas dan juga organ organ pada tubuh kurang istirahat dan dipaksa untuk bekerja sehingga kerjanya tidak dapat maksimal.

2.      Darah rendah
Penyebab selanjutnya adalah karena seseorang tersebut memiliki riwayat tekanan darah rendah, tekanan darah rendah akan membuat darah tidak bisa disalurkan pada seluruh tubuh secara maksimal sehingga tubuh tidak mempunyai darah yang cukup dan terutama dibagian otak, nah karena itulah kenapa penderita tekanan darah rendah sering mengalami mata berkunang kunang.

3.      Vertigo.
Penyebab selanjutnya adalah vertigo. Vertigo itu sendiri merupakan keadaan dimana seseorang akan melihat sekeliling tubuhnya akan bergoyang goyang dan berputar putar.yang menyebabkan seseorang mengalami vertigo adalah virus sehingga mempengaruhi penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan dan alkohol, migrain, dan beberapa kasus disebabkan oleh epilepsi. Vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala penyakit yang penyebabnya bervariasi.

4.      Anemia.
Pada penderita anemia ini bukan suatu rahasia lagi jika dia mengalami mata berkunang kunang. Hal ini bisa terjadi karena saat kandungan sel darah merah dibawah rata-rata atau bisa dikatakan dibawah garis normal.

5.      Astenopia (kecapean )
Penyebab mata berkunang kunang selanjutnya adalah karena astenopia atau kecapeaan. Hal ini karena mata terlalu capek karena memaksa untuk bekerja terus menerus dan tanpa diberi waktu untuk istirahat. Kecapean juga bisa diakibatkan karena kondisi psikologis maupun fisik, maka dari itu sebaiknya jangan paksa mata untuk bekerja secara terus menerus, berikan wantu untuk istirahat, karena organ tubuh juga perlu istirahat.

Cara mengatasi mata berkunang kunang

Setelah kita tahu bahwa penyebab mata berkunang kunang maka kita perlu mengetahui cara mengatasi mata berkunang kunang agar hal itu tidak menggangu aktifitas kita sehari hari. Berikut ini cara mengatasi mata kunang-kunang yang bisa kamu lakukan :

1.      Mencari sumber dan penyebab
Suatu penyakit jika ingi disembuhkan maka ahli kesehatan akan mencari tahu apa penyebab dan sumbernya setelah itu akan ditentukan cara mengobati dan perawatan.

2.      Menjaga pola makan
Untuk mengatasi mata berkunang kunang selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan secara teratur karena pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan supalai energy pada tubuh terhambat dan itu akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan mata berkunang kunang

3.      Menjaga cairan tubuh
Cairan tubuh harus tetap terjaga dan hal ini tak kalah pentingnya bila dinandingkan dengan yang lain. Dengan terjaganya cairan dalam tubuh, maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi, karena dehidrasi bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan pusing serta mata berkunang kunang.

4.      Periksa ke Dokter
Jika penyebab mata berkunang kunang karena disebabkan oleh virus maka sebaiknya harus dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Sekiranya itu dulu sedikit pembahasan tentang penyebab mata berkunang kunang dan cara mengatasinya. Semoga walaupun artikelnya singkat bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Terima kasih.