Penyebab Rambut Rontok Pada Anak Dan Cara Mengatasinya


Penyebab rambut rontok pada anak dan cara mengatasinya – rambut itu kalau bagi perempuan adalah mahkota, makanya sebisa mungkin untuk dijaga sebaik-baiknya. Meskipun bagi pria bukan mahkota tetapi rambut juga sangant menunjang penampilan agar lebih keren. Dilakukan perawatan bertujuan agar rambut selalu sehat dan tidak rontok. Akan tetapi ada aja walaupun sudah dijaga tetapi rambut mengalami kerontokan. Kira kira apa penyebab rambut rontok pada anak dan cara mengatasinya bagaimana ?

Masalah pada rambut ternyata bukan saja dialami oleh orang dewasa baik pria maupun wanita, ternyata anak anak juga ada yang mengalami kerontokan rambut. Ada kenungkinan adanya beberapa masalah pada anak usia pelajar sehingga menakibatkan rambut rontok.


Gejala serta penyebab yang tidak sama maka dalam perawatan juga perlu dibedakan pula. jadi biar tidak asal mengobati salah salah bukannya sembuh malah bisa jadi tambah parah.

Penyebab rambut rontok pada anak

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan anak mengalami rambut rontok. Diantara adalah sebagai berikut :

1.      Sering mewarnai rambut
Mewrnai rambut agar bisa tampil beda itu sah sah saja karena mungkin sudah bosan memiliki tmpilan yang itu itu saja akan tetapi akan menjadi hal yang buruk yang bisa menyebabkan rambut kita menjadi rontok jika kita terlalu sering mewarnai rambut. Karena perwarna rambut itu mengandung bahan kimia yang tidak bagus jika terlalu sering kena rambut.

2.      Menyisir rambut sewaktu basah
Penyebab rambut rontok selanjutnya adalah menyisir rambut sewaktu masih basah atau dalam keadaan basah, apalagi untuk kamu yang memiliki riwayat rambut rontok karena hal ini akan menjadikan kerontokan rambut yang lebih parah. Rambut akan mudah patah dan rontok, sebaiknya dihindari.

3.      Kurang nutrisi
Penyebab kerontokan selanjutnya adalah karena kekurangan nutrisi pada rambut. Kita juga harus memperhatikan nutrisi untuk rambut agar rambut tidak mudah rontok

4.      Terinfeksi jamur Tinea capitis
Tinea capitis atau juga dapat dikatakan dengan kurap kepala merupakan infeksi jamur terhadap kulit kepala yang seringnya dihadapi oleh anak-anak. tanda penyakit ini dapat berbeda-beda. Namun, lazimnya kulit kepala seseorang yang merasakan keadaan ini akan berasa amat gatal. disamping itu, kulit kepalanya terlihat bersisik, berwarna merah, serta kadang-kadang bengkak dampak terlampau kerap digaruk

Kebotakan juga dapat berlangsung terhadap daerah yang terinfeksi. kebiasaannya terhadap area kepala yang merasakan kebotakan akan tampak titik-titik hitam yang sesungguhnya merupakan rambut yang sudah patah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Anak

Jika kita sudah mengalami masalah pada kerontokan rambut sebaiknya segera lakukan penanganan guna mengatasi agar masalah rambut rontok segera teratasi. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Minyak kemiri
Untuk mengatasi kerontokan rambut yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Manfaat dari minyak kemiri ini sudah terkenal sejak dahulu yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut terutama pada rambut rontok serta mempunyai manfaat lain yaitu menyuburkan pertumbuhan rambut
Untuk mendapatkan minyak kemiri sangatlah mudah karena sudah dijual bebas dalam bentuk kemasan.
Perawatan menggunakan minyak kemiri sangat mudah, tinggal anda oleskan minyak kemiri pada seluruh rambut anak anda. Untuk hasil maksimal, anda bisa gunakan setiap hari.

2.      Minyak kelapa.
Untuk mengatasi kerontokan rambut selanjutnya bisa dengan memanfaatkan minyak kelapa.
Minyak kelapa juga diyakini bisa mengatasi rambut rontok terhadap anak. Perihal ini disebabkan minyak kelapa mempunyai kandungan nutrisi yang amat berguna buat merawat kesuburan serta kebugaran rambut.
Cukup panaskan minyak kelapa sampai hangat (bukan mendidih) setelah itu pijatkan secara lembut ke kulit kepala anda. Diamkan sepanjang 1 pukul setelah itu bilas dengan air bersih.

3.      Minyak zaitun
Minyak ini juga memiliki manfaat yang sudah tidak diragukan lagi karena minyak zaitun ini manfaatnya sangat banyak sekali baik untuk rambut rontok maupun utuk mengobati berbagai penyakit yang lain.
terkandung di dalamnya, seperti biotin, niacin, vitamin E, dan vitamin D yang dijamin aman untuk perawatan rambut anak anda.

Adapun cara menggunakannya juga gampang sekali, Langsung teteskan terhadap kulit kepala anak anda, serta pijat lembut. Pastikan minyak zaitunnya benar-benar merata. Diamkan kira-kira sampai minyak zaitun meresap sempurna Lalu bilas dengan air bersih. supaya hasilnya maksimal, gunakan secara teratur pada malam hari serta bilas rambut anak anda saat pagi harinya, sehingga minyak zaitun bisa menyerap maksimal ketika didiamkan semalaman.

Sekiranya cukup sampai disini dulu pembahasan tentang penyebab rambut rontok pada anak dan cara mengatasinya. Semoga artikel yang hanya singkat ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.
By:daun lebat