Penyebab perut Kram ibu wajib tahu


Penyebab kram perut - Hampir bisa dipastikan bahwa kita semua mungkin pernah merasa sakit di bab perut, sakit yang dirasa pun mungkin berbeda-beda, mulai dari sakit perut ringan atau bahkan sakit perut parah dengan rasa sakit yang tidak tertahankan, seakan-akan perut diremas dan sakitnya tersebut tiba dan pergi. kram perut

Sakit perut parah yg seperti ini mungkin saja disebabkan lantaran kram perut. Dalam dunia medis, kram perut itu sendiri biasa disebut dengan colic abdomen. Colic abdomen menggambarkan rasa sakit yang teramat sakit yang diakibatkan lantaran adanya kontraksi otot polos atau abdomen yang mana mencakup banyak organ mirip usus, lambung, kendung empedu, esofagus, pankreas, ureter, ginjal, organ reproduksi perempuan atau bahkan rahim. Selain menimbulkan rasa sakit, kram perut juga menciptakan penderitanya tidak nyaman, bahkan hingga menghambat aktivitas. (perut kram saat hamil kram perut tanda hamil kram perut bagian atas perut kram bagian bawah perut kram dan mual )




Penyebab Kram Perut

penyebab kram perut - Kram perut pada kebanyakan kasus disebabkan oleh gangguan pencernaan, mirip keracunan makanan, diare, sembelit, atau adanya gas yang berlebihan. Masalah lainnya yang lebih serius pada sistem pencernaan yakni Irritable Bowel Syndrome ( IBS ), sembelit, ulkus, penyakit divertikulas, atau hernia mampu mengakibatkan kram perut. Selain itu, penyakit Crohn dan penyakit kolitis ulserativa juga seringkali menciptakan perut tidak nyaman.


Wanita hamil biasanya akan lebih rentan terhadap sembelit dan gas, sehingga menimbulkan mereka mengalami kram pada perutnya. Rasa sakit yang begitu tajam dengan disertai pendarahan mampu menjadi tanda keguguran, kontraksi atau ektopik.  Selain itu, preklamsia dan solusi plasenta juga mampu menjadi penyebab sakit perut. Ketika seorang perempuan mengalami sakit perut atau kram perut parah yang berkepanjangan, bahkan disertai dengan tanda-tanda lainnya mirip pendarahan, mual, dan sakit kepala, maka harus segara menerima penanganan medis.

Bahaya Kram Perut

Bahaya atau komplikasi yang ditimbulkan lantaran kram perut mampu bervariasi, sesuai dengan penyabab apa yang mendasarinya. Kram perut mampu disebabkan lantaran penyakit serius, oleh lantaran itu kegagalan lantaran pengobatan akan menimbulkan komplikasi serta kerusakan yang permanen. Karena itu, kalau mengalami kram perut berkelanjutan atau timbul tanda-tanda yag tidak biasa, maka  segeralah pergi ke dokter. Ikuti mekanisme pengobatan yang dianjurkan dokter untuk menghindari ancaman atau komplikasi yang ditimbulkan seperti Gagal Hati,  Gagal ginjal, Keguguran, KankerPenyebaran infeksi, Dehidrasi yang disebabkan karena keinginan minum menurun serta hilangnya cairan yang disebabkan karena diare dan muntah, Kemandulan atau infertilitas, Hepatic encephalopathy.

Cara mengatasi kram perut

cara mengatasi kram perut - Jika kram perut yang dialami masih terbilang ringan, contohnya tegang otot dikala berolahraga atau kehilangan cairan tubuh maka hal pertama yang mampu dilakukan ialah dengan beristirahat.

Kemudian lakukan kompres hangat disertai pijatan pada area perut yang sakit. Perbanyak minum air putih atau minuman elektrolit serta konsumsilah obat pereda nyeri kalau memang diperlukan. Namun, bila kram perut didasari oleh beberapa kondisi medis serius – biasanya ditandai dengan kram perut yang berlangsung usang atau terlalu sering, muntah, sesak napas atau terlihat darah dikala buang air besar. Alangkah baiknya segera periksakan diri ke dokter guna mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat.


tapi, jika kram perut didasari oleh beberapa kondisi medis serius – biasanya ditandai dengan kram perut yang berlangsung usang atau terlalu sering, muntah, sesak napas atau terlihat darah dikala buang air besar. Lebih baik cepat periksakan diri ke dokter guna mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat.

Obat-obatan mirip antasida atau penghambat pompa proton mampu membantu mengatasi kram perut yang disebabkan oleh asam lambung berlebih. Sedangkan beberapa jenis antibiotik dan obat kortikosteroid mampu dipergunakan untuk mengatasi kram perut akhir radang usus mirip penyakit Crohn dan kolitis ulseratif.

Tips Mencegah Kram Perut

cara mencegah kram perut - Untuk kram perut yang disebabkan oleh ketegangan otot, penumpukan gas berlebih di dalam perut dan dehidrasi, berikut ada beberapa tips yang mampu diterapkan sebagai langkah pencegahan:

  • Sebaiknya tidak melakukan olah raga yang berlebihan ataupun yang berat dan jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu
  • Memperhatikan pola makan serta menjaga dari makanan yang bisa menimbulkan gas yang bisa membahayakan tubuh contoh kubis, kembang kol, pisang ambon dan lain lain
  • Sebaiknnya jauhi minuman beralkohol serta jauhi rokok
  • Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak, pedas serta asam