Inilah Bahaya Asam Lambung Kamu Harus Tahu

Inilah Bahaya Asam Lambung Kamu Harus Tahu - Penyakit asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi ketika asam lambung kembali ke kerongkongan atau esofagus. GERD ditandai dengan rasa kuliner mirip tersangkut di kerongkongan dan munculnya sensasi terbakar di dada. Kenali tanda-tanda ketika asam lambung naik dan cara mengatasinya di sini.

Asam lambung ialah asam hidroklorida yang terdapat di lambung. Asam ini berfungsi memecah kuliner dan melindungi badan dari bakteri. Dorongan atau tekanan dari dalam lambung serta rusaknya lower esophageal sphincter (LES), mampu menjadikan kuliner kembali naik ke esofagus.


Pasalnya, LES atau bundar otot bawah esofagus merupakan pintu masuknya kuliner dari kerongkorngan ke lambung. Jika cuilan ini rusak, maka kesudahannya asam lambung mampu naik ke kerongkongan atau esofagus, kemudian melukai dinding esofagus, dan menimbulkan GERD. Jika sudah begini, penderita akan merasa tidak nyaman pada cuilan kerongongan, dan muncul sensasi terbakar di dada.


Bahaya asam lambung yang naik bahwasanya sudah biasa dialami dan tidak berbahaya. Namun pada tahap kronis, dan sering terjadi, penyakit ini mampu mengakibatkan komplikasi mirip susah menelan makanan, esophagitis (radang dan iritasi pada dinding kerongkongan) dan jaringan dinding kerongkongan bertambah parah sampai berpotensi menjadi kanker.

Inilah Dari Bahaya Penyakit Asam Lambung

  • Pernapasan Terganggu

Penyakit asam lambung ini ternyata mampu memperparah penyakit pneumpnia atau asma hingga menimbulkan rasa sesak napas dan kesulitan bernapas . Hal mirip ini mampu terjadi bila asam lambung yang naik tidak sengaja tersedot dikala bernapas.

  • Kanker Kerongkongan

Bagi penderita penyakit GERD mampu meningkatkan peluang untuk terjangkit kanker, maka tanda tanda-tanda kanker kerongkongan yakni adanya penurunan berat badan, nyeri dada dan sulit untuk menelan, maka akan muncul sehabis penyakit mencapai tahap lanjutan yang sulit untuk di obati.

  • Terjadinya Radang Pada Kerongkongan

Saat memasuki kerongkongan, risiko asam lambung ke atas mampu menjadikan esofagitis (iritasi lambung mengganggu lapisan esofagus yang membengkak dan sakit ketika menelan), menjadikan pembengkakan bahkan hingga luka dan striktur esofagus (penyempitan kerongkongan).

  • Esophagus Barrett

Dari ancaman asam lambung ini merupakan unsur komplikasi serius dari penyakit GERD, maka intinya esophagus barrett yaitu suatu jaringan normal yang melapisi esophagus menjelma suatu jaringan yang bakal mirip lapisan usus. Bahaya utama dari kondisi mirip ini yaitu akan terjadinya resiko kanker esophagus yang berakibatkan fatal.

  • Gigi Menjadi Rusak

Jika asam lambung naik ke esophagus serta mulut, maka mampu mengikis enamel (email) gigi atau lapisan luar gigi yang keras. Sehingga menjadikan gigi menjadi rusak dan bisannya orang-orang tidak akan menyadari rusaknya gigi yang sedang di alami hingga pada karenanya mencapai stadium lanjut.

Inilah sedikit penjelasan tentang bahaya asam lambung kamu harus tahu karena jika hal ini terjadi pada dirimu kamu akan bisa mengatasinya . semoga artikel singkat ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Terima kasih