Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Secara Alami

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh secara alami – daun kelor bukan nama yang asing untuk kalangan masyarakat karena daun kelor merupakan tanaman yang selalu dicari didalam keseharian. Daun kelor memiliki daun yang kecil. meskipun ukuranya kecil, daun kelor memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan, para ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib

Daun kelor berbentuk lingkaran lonjong, dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan.

Penelitian mengenai khasiat daun kelor telah dimulai semenjak 1980. Sebenarnya tidak hanya bab daun kelor saja yang diteliti oleh para ilmuwan, namun juga bagian-bagian lainnya mirip kulit batang, biji, dan buahnya.


Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi belum dewasa dan bayi dalam kala pertumbuhan untuk mengkonsumsinya, sebab manfaat dari kandungan daun kelor yang besar, ialah mengandung:

  • Potasium tiga kali lipat dari pada pisang.
  • Kalsium empat kali lipat daripada susu.
  • Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk.
  • Vitamin A 4X lipat lebih banyak dari pada wortel.
  • Dua kali lipat protein dari pada susu.


Daun kelor di Benua Afrika telah dipakai sebagai masakan dan obat-obatan semenjak ribuan tahun lalu. Daun kelor yang kecil dan imut, ternyata mempunyai bermacam-macam manfaat. Dilansir dari aneka macam sumber, berikut  manfaat daun kelor untuk kesehatan yang mampu membantu membasmi bermacam-macam penyakit kronis.

  • Mampu menangkal radikal bebas


Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine dari National Institutes of Health, daun kelor yang diolah menjadi sebuah minuman mempunyai kandungan antioksidan. Antioksidan sanggup melawan radikal bebas sehingga sangat dianjurkan untuk kau yang ingin menjaga badan biar tetap sehat. Antioksidan banyak terkandung dalam bunga, daun, dan bibit tumbuhan kelor. Antioksidan yang terkandung dikenal dengan flavonoids, polyphenols, dan ascorbic acid.2.

  • Mampu menjaga sistem kekebalan tubuh terutama jantung.

Mengonsumsi daun kelor sangat dianjurkan untuk memperlancar peredaran darah dalam jantung. Bukan hanya itu, daun kelor juga mampu mengurangi kandungan lemak pada darah. Kolesterol pun berkurang secara perlahan.

  • Mampu mempercepat penyembuhan luka.

Daun kelor bisa membantu mempercepat waktu pembekuan luka. Dengan demikian, kau bisa sembuh lebih cepat dari biasanya.

  • Memiliki banyak kandungan nutrisi.

Daun kelor mempunyai banyak kandungan nutrisi mirip vitamin, mineral, dan asam amino. Daun kelor banyak mengandung vitamin A, E, dan C. Tak hanya itu daun kelor juga mempunyai kandungan kalsium, potasium, dan protein yang berkhasiat bagi kesehatan tubuhmu.

Vitamin A yang ada di daun kelor sebanyak dua kali lipat lebih banyak dari pada wortel. Serta kandungan kalsiumnya empat belas kali lebih besar dari susu. Empat kali lebih besar dari pisang. Sungguh kaya akan kandungan vitamin dan zat baik!

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Tentunya dengan mengonsumsi kuliner sehat maka akan berdampak nyata pada organ-organ tubuh, termasuk ginjal yang mempunyai fungsi sangat penting di dalam tubuh.

Menjaga contoh makan yang sehat akan menciptakan fungsi ginjal berjalan dengan baik. Adapun bila mengonsumsi kuliner tidak sehat maka akan membahayakan kesehatan organ ginjal.

Jika seseorang terkena ganguan fungsi ginjal maka ini yaitu dilema yang serius. Salah satu kuliner sehat yang disarankan dikonsumsi yaitu daun kelor, yang keuntungannya mampu meningkatkan kesehatan ginjal secara signifikan.

  • Memperlambat Efek Penuaan

Sebuah penelitian melaksanakan pengujian manfaat kelor sebagai antioksidan. Peneliti ingin mengusut apakah daun kelor bisa membantu memperlambat imbas penuaan alasannya adalah manfaat antioksidan yang dimiliki daun kelor.

Penelitian dengan melibatkan sembilan puluh perempuan yang sudah masuk era menopause (usia 45-60 tahun), mereka dibagi menjadi tiga kelompok, dengan masing-masing diberikan embel-embel yang berbeda.

Hasil penelitian memberikan bahwa suplementasi dengan daun kelor dan bayam sanggup bermanfaat untuk memperlambat imbas penuaan secara signifikan. Selain itu manfaat daun kelor bisa menyeimbangkan kadar hormon di dalam badan secara alami.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh secara alami semoga walaupun hanya artikel singkat bisa memberikan manfaat yang baik untuk kita semua terima kasih.