Cara Mengobati Batuk Berdahak Dan Pilek Untuk Orang Dewasa Secara Alami


Cara Mengobati Batuk Berdahak Dan Pilek Untuk Orang Dewasa

Cara Mengobati Batuk Berdahak Dan Pilek Untuk Orang Dewasa Secara Alami –  Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya dengan judul cara mengobati batuk berdahak pada bayi maka kali ini kita akan membahas cara mengobati batuk berdahak dan pilek untuk orangdewasa secara alami. Batuk itu penyakit yang bisa menyerang semua orang baik anak anak maupun orang dewasa. Maka kita semua wajib menjaga kesehatan tubuh kita apalagi seperti sekarang ini cuaca yang tidak bersahabat seseorang akan mudah sekali terserang penyakit batuk flu maupun pilek jika tidak memiliki daya taan tubuh yang baik.

Batuk berdahak dan pilek memang merupakan penyakit yang sangat rawan alasannya adalah penyakit ini mampu menyerang ketika panas menghadang ataupun ketika hujan menerpa. Lalu bagaimana kita mengantisipasi serta mengobati penyakit ini? cara antisipasinya tentu mudah, kita harus beristirahat dan mengkonsumsi banyak masakan atau buah bervitamin untuk menjaga stamina tubuh.


Cara mengobati batuk berdahak dan pilek


Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengobati sakit batuk dan pilek untuk orang dewasa secara alami, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Jeruk Nipis

Bukan hal yang rahasia lagi jeruk nipis bisa dipakai untuk mengusir batuk berdahak. Ternyata dibalik rasanya yang kecut, di dalam jeruk nipis terkandung zat atau senyawa yang bisa menghilangkan lendir  kotoran yang masuk di tenggorokan. Caranya dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis, apabila anda tidak suka kecap bisa diganti dengan madu. Minum adonan ini sebanyak 2-3x sehari, dengan begitu batuk anda akan segera hilang.
  • Kencur

Ternyata di dalam kencur mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh, kencur mampu menjadi obat batuk yang manjur jika dikombinasikan dengan jahe. Caranya dengan parut keduanya ssampai halus lalu rebus dengan air mendidih, sesudah itu seduh air rebusan tersebut. Untuk mendapat hasil yang maksimal minumlah air rebusan ini pagi dan sore hari.


  • Daun Sirih

Tidak perlu diragukan lagi, daun sirih memilki banyak khasiat untuk penyembuhan penyakit, yang biasa kita jumpai daun sirih dipakai ketika kita mimisan , ternyata daun sirih ini juga mampu dipakai sebagai obat batuk. Caranya  dengan merebus daun sirih bisa juga ditambahkan jahe untuk menambah rasa hangat. Minum minimal sekali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang memuaskan.
  • Kunyit

Tanaman ini sudah dikenal semenjak jaman dulu dalam dunia kesehatan, kandungan anti-biotik yang tinggi bisa mengatasi peradangan pada salluran pernafasan yang menimbulkan batuk kering. Kunyit bisa dibentuk ramuan, caranya siapkan satu sendok abu kunyit dan satu sendok  merica halus . Campurkan dalam air mendidih dan aduk hingga merata. Tunggu beberapa menit, lalu minumlah ramuan tersebut.
  • Belimbing wuluh

Buah ini mempunyai rasa asam, biasanya menjadi materi dasar sayur asam. Memang tidak banyak orang yang tau manfaat buah ini, dan cenderung pemanfaatannya cukup sulit. Tapi dibalik semua itu belimbing wuluh mampu dijadikan sebagai obat batuk. Caranya haluskan 10 belimbing wuluh, lalu taruh ke dalam segelas air dan tambahkan sedikit garam. Minum 2x sehari untuk mengobati batuk anda.