Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Secara Alami


Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Secara Alami – mungkin hampir semua oaran pernah mengalami apa yang namanya kulit kering baik itu kulit kering di wajah maupun kulit kerig di kaki. Akan tetapi tidak semua karena memiliki jenis kulir yang berminyak serta lembab. Disaat musim panas seperti ini banyak yang mangalami kulit kering pada kaki sampai terlihat pecah pecah serta kelihatan bersisik.

Biasanya, kulit kaki pecah pecah terjadi karena kurangnya nutrisi pembentuk kolagen yang dihasilkan dari buah dan juga sayur, Biasanya, kulit kaki pecah pecah terjadi karena kurangnya nutrisi pembentuk kolagen yang dihasilkan dari buah dan juga sayur. Nah maka dari itu artikel ini akan sedikit membahas tentang cara mengatasi kaki pecah pecah secara alami tanpa menggunakan bahan kimia yang lain.


Tumit kaki pecah-pecah atau retak yakni persoalan umum yang mampu merusak doktrin diri bahkan mampu sangat menyakitkan. Kondisi ini pada umumnya mampu terjadi lantaran kurang perawatan, tetapi juga mampu balasan kering atau terpapar materi tertentu.

Secara medis, tumit pecah-pecah juga dikenal dengan celah tumit balasan kapalan. Kapalan ini usang kelamaan lantaran tekanan berat badan akan meluas kesamping, menjadi kering dan mengakibatkan tumit menjadi pecah-pecah. Hal ini akan menghipnotis permukaan kulit yang terdiri dari epidermis, dan terkadang mampu menembus jauh kedalam dermis dan mengakibatkan rasa sakit. Bukan hanya lantaran alasannya yakni diatas, tumit kering dan retak-retak juga mampu dikarenakan badan kekurangan vitamin, mineral (seng dan zat besi), dan asam lemak omega 3.

Kulit kering atau xerosis juga merupakan salah satu penyebab paling umum dari tumit pecah-pecah. Sebagian besar kondisi ini timbul lantaran kurangnya perawatan kaki, dan bekerjsama mampu diatasi atau dihindari. Walaupun umumnya tak membahayakan, namun retakan yang dalam mampu menyebabka kulit berdarah dan rasa yang menyakitkan. Bahkan hal ini mampu menimbulkan bengkak dan harus dihindari terutama bagi penderita penyakit kronis mirip diabetes, penurunan sistem kekebalan tubuh, usia, atau penyakit lain yang mungkin mampu menghambat penyembuhan tumit pecah-pecah.

Selain itu, produksi sabun yang mulai menurun seiring dengan bertambahnya usia juga cenderung sebagai penyebab tumit kering dan pecah-pecah. Kulit terlalu kering, mengelupas, kering dan pecah-pecah pada tumit yakni persoalan kulit yang umum pada orang tua. Kulit kering pada tumit seringkali terus berulang, dan mampu menghipnotis kedua tumit atau hanya salah satu tumit.

Penyebab kulit kaki pecah pecah

Ada beberapa faktor yang mampu menimbulkan kulit kaki menjadi pecah pecah diantaranya yakni sebagai berikut :

  • Cuaca


Sejumlah orang dengan persoalan kaki pecah-pecah biasanya mampu dikarenakan tinggal di wilayah yang iklimnya masbodoh atau ketika cuaca berubah dingin, kulit pun menjadi ikut berubah teksturnya. Keringnya kaki yang juga mengalami pecah-pecah serta gatal dan perih disebabkan cuaca masbodoh mengambarkan bahwa kulit telapak kaki perlu menerima pelembab. Pelembab ekstra diharapkan jikalau cuaca berubah masbodoh atau kau tinggal di daerah bersuhu dingin.

  • Menggunakan sabun tanpa moisturizer


Tidak semua sabun yang dijual dan ditawarkan di pasaran mengandung moisturizer atau pelembab, maka memang kau perlu secara berakal dan bijak dalam menentukan sabun untuk mandi. Sabun tanpa kandungan moisturizer mampu meningkatkan risiko kulit kering, tak hanya berlaku untuk belahan kaki dan telapak kaki saja, tapi seluruh badan mampu mengalami kekeringan dan kulit kasar. Atau kalau tidak, kau mampu menggunakan pelembab sehabis mandi semoga kulit kaki tidak kering.

  • Tingkat Kelembaban Rendah


Tingkat kelembaban yang rendah entah di rumah, kantor atau tempat-tempat yang kerap kau kunjungi mampu menjadikan kulit menjadi kering. Selalu siap sedia membawa lotion atau pelembab di manapun kau berada lantaran ini akan otomatis menyelamatkan kau dari tempat-tempat kering dengan kelembaban yang rendah. Jangan abaikan hal semacam ini lantaran hal ini mampu berdampak jelek bagi kesehatan kulit kaki kamu.

  • Terpapar Bahan Kimia


Orang-orang yang mencuci pakaian dengan menggunakan deterjen dan masih dengan cara tradisional dan manual tanpa mesin basuh akan cenderung lebih gampang terkena kaki pecah-pecah. Hal ini dikarenakan kaki terlalu sering terpapar materi kimia dari deterjen yang digunakan tersebut. Memang sulit mencari deterjen yang ramah terhadap kulit, tapi kau tetap mampu melindungi kulit dengan menjaga kebersihan serta kelembabannya setiap hari sehabis tamat mencuci baju dan mandi.

Menderita Eksim

Seseorang yang memang mempunyai penyakit eksim atau eksema memang mampu mengalami yang namanya kulit kaki pecah-pecah. Eksim ini yakni suatu kondisi peradangan serius yang mampu menciptakan kulit timbul adanya vesikel atau gelembung kecil dan lepuh yang nantinya akan pecah dan keluar cairan dari sana.

Penggunaan istilah eksim ini juga digunakan untuk menggambarkan kondisi kulit yang mengalami perubahan contoh serta permukaan secara spesifik. Kering dan pecah-pecah mampu menjadi belahan dari eksim, maka cari tahu cara mencegah eksim secara alami supaya tidak menjadi lebih parah.

Cara mengatasi kaki pecah pecah

Jika kita sudah mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan kaki pecah pecah maka setelah itu kita perlu tahu bagaimana cara mengatasi kaki pecah pecah dengan bahan alami, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Minum Air Putih


Kelihatannya simpel, tapi banyak orang yang lupa melaksanakan hal ini setiap harinya. Minum air putih sebaiknya tak hanya 3-5 gelas saja per hari, tapi 8-10 gelas untuk menghidrasi tubuh. Ingat bahwa kaki yang pecah-pecah diawali dari kondisi kering dan bernafsu lebih dulu. Ini mampu saja disebabkan oleh kebutuhan air putih yang tak kau penuhi dengan baik.
Per hari, kau memerlukan air sebanyak 2 liter biar kulit mampu tetap terhidrasi dengan baik sehingga kaki nantinya lama-kelamaan bakal sembuh dari pecah-pecah. Air putih merupakan salah satu cara termudah dalam mengembalikan kelembaban kulit pada badan kamu. Hilangnya air pada lapisan teratas kulit masih mampu dikembalikan, jadi minumlah banyak-banyak air putih setiap harinya.

  • Minyak Kelapa


Bahan alami yang mampu kau gunakan untuk mengatasi maupun mencegah kaki pecah-pecah, ialah minyak kelapa. Selain minyak zaitun, jenis minyak satu ini banyak dipakai untuk merawat kulit serta rambut. Sama kondusif dan efektifnya dengan minyak zaitun, kau mampu memercayakan hasil terbaik pada minyak kelapa ini.

Caranya: Pertama-tama hendaknya kau merendam kaki di dalam air sabun yang lalu dilanjutkan dengan menggosok-gosok kaki memakai kerikil apung. Cucilah kaki sesudah itu dan keringkan secara total. Barulah minyak kelapa kau oleskan merata pada kaki yang kering dan pecah-pecah di mana otomatis minyak ini dijadikan sebagai pelembab alami.

Ketika selesai, pastikan kau mengenakan kaos kaki dan membiarkannya semalaman saat kau tidur. Lalu esok paginya, kau akan menjumpai kaki yang lebih lembut sesudah melepaskan kaos kaki.
Ada baiknya kau melaksanakan metode perawatan dengan minyak kelapa ini beberapa kali dalam seminggu atau setiap hari supaya pecah-pecah pada kaki cepat hilang.

  • Pisang


Pisang yang matang yaitu salah satu materi termurah yang bisa kau dapatkan dan gunakan sebagai cara mengatasi kulit kaki kering secara alami. Berkat imbas dan sifat pelembab alaminya, pisang bisa menawarkan solusi yang alami dan cepat dalam melembutkan kembali kaki kamu.

Caranya: Sediakan buah pisang matang yang kemudian kau lumatkan sampai hasilnya menjadi gabungan pasta. Sesudah membersihkan kaki kamu, oleskan pasta pisang ini pribadi pada pecahan yang kering dan pecah-pecah di kaki kamu. Biarkanlah selama 10-15 menit biar kulit kaki kau sanggup menyerapnya dengan sempurna.

Baca Juga :


Cucilah kaki memakai air hangat, kemudian rendamlah kaki pada air cuek selama 10 menit. Melakukan metode perawatan ini beberapa kali seminggu atau justru setiap hari akan menciptakan kaki kembali lembut dan mulus tanpa takut akan pecah-pecah lagi.

Nah sementara itu dulu sedikit pembahasan tentang caramengatasi kaki pecah pecah secara alami semoga walaupun artikelnya singkat bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.